Pemilik Rusunami Dijamin

Cimahi,Kompas ( Minggu,11 Januari 2009 ) – Pemerintah tetap memberikan jaminan bagi masyarakat dengan penghasilan maksimal Rp 4,5 juta per bulan untuk bisa memiliki rumah di rumah susun sederhana milik. Krisis financial tidak akan berpengaruh banyak pada bunga yang harus dibayar.

Menteri Negara Perumahan Rakyat Muhammad Yusuf Asy’ary mengemukakan hal itu seusai pemancangan tiang pertama pembangunan rumah susun sederhana milik ( Rusunami ) The Edge Superblock di Cimahi, Jawa Barat., Sabtu (10/01). Hingga kini sudah ada 450 menara yang dimulai pembangunannya.

“Untuk tahun 2009, pemerintah mengalokasikan subsidi untuk kredit pemilikan rumah ( KPR ) bagi 40.000 unit rumah susun. Jumlah ini merupakan peningkatan dibandingkan dengan tahun 2008 yang sekitar .1800 unit,” ujar Yusuf Asy’ary.

Pemerintah, kata dia, telah memberikan jaminan berupa subsidi untuk KPR, kemudahan perizinan bagi pengembang rusun, dan membebaskan diri dari pajak Pertambahan nilai (PPN) . Tentu saja hal ini berlaku untuk satu unit yang dijual di bawah harga Rp 144 juta.

Kesuksesan program pengembangan rusun sangat bergantung kepada semua pihak. Yusuf Asy’ary menjelaskan pemerintah daerah harus memberikan kemudahan dalam kepastian waktu dan biaya sehingga pihak pengusaha bisa menentukan rencana bisnis mereka.

Pengembang juga harus memberikan kepastian bagi pemda dengan kepastian waktu selesainya pembangunannya rusun agar semua sesuai dengan pembuatan kebijakan tata kota.

“Untuk setiap investasi rusun senilai Rp7,5 miliar sudah membantu sektor riil, seperti dalam menciptakan lapangan kerja, setidaknya 105 orang akan dilibatkan dalam kesempatan kerja langsungdan 360 orang terlibat secara tidak langsung,” kata Yusuf Asy’ary.

Setelah Pembangunan

Mempera mengatakan, pekerjaan utama dalam membangun rusun tidak berhenti sampai pengerjaan konstruksi selesai. Konsumen harus dijamin ketersedian kebutuhan mendasar, seperti air bersih dan listrik.

Sementara itu, pemda harus mempersiapkan kebijakan pemerintah di tingkat rusun karena berubahnya pola tinggal dari horizontal ke vertikal. Sebaiknya disiapkan satuaan pemerintah masyarakat di rusun yang dikelola dalam perhimpunan penghuni rumah susun(PPRS).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s